Dilakukan rutin sekali sebulan bertempat di Kampus Unika Atma Jaya Jakarta. Kegiatan ini didukung oleh 3 dokter umum, 1 ahli kulit dan kelamin, 1 ahli gizi, 1 ahli farmasi, dan 1 mahasiswa kedokteran gigi.

Pemeriksaan kesehatan ini bisa diakses tidak hanya oleh anak dan orangtua tetapi juga oleh saudara maupun tetangga mereka dengan tidak dipungut bayaran sama sekali. Selama tahun 2014, jumlah tertinggi yang mengakses layanan ini adalah 100 orang dan jumlah terendahnya adalah 20 orang.

Tes CD4 dan VL dilakukan rutin tiap 6 bulan sekali (2 kali setahun). Tujuan dilaksanakannya tes ini adalah untuk memantau kondisi fisik anak terkait dengan sistem kekebalan tubuh serta beban virus yang ada di dalam darahnya. Pelaksanaan tes ini tidak selalu rutin dilakukan 6 bulan sekali, tergantung dari permintaan dokter.

Biaya untuk melakukan pemeriksaan ini terbilang cukup mahal sehingga Lentera Anak Pelangi harus memfasilitasi dampingan untuk bisa mengakses pemeriksaan ini. Untuk itu, Lentera Anak Pelangi mengupayakan keringanan biaya yang diajukan pada rumah sakit rujukan seperti RS Dharmais dan RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta.